L P J M

Lembaga Pengembangan Jaminan Mutu

Universitas Islam As-Syafi’iyah

 

Tentang LPJM UIA

 Univeristas Islam As-Syafi’iyah merupakan salahsatu perguruan tinggi swasta dengan berasaskan Islam. Hal tersebut tercermin dalam latar belakang berdirinya UIA yang didasarkan pada keinginan untuk membentuk kaum muslim muda menjadi cendiawan muslim dengan konsep pengintegrasian ilmu dan agama. Pemikiran tersebut menjadi dasar dari setiap aktivitas pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan tinggi, baik dalam aspek akademik dan non akademik.

Pilihan konsep pengintegrasian ilmu dan agama menjadi ciri mutu yang harus dikembangkan dan diimplementasikan dalam setiap standar mutu di UIA. Disusun dalam kerangka Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan dokumen mutu yang terstruktur, sistematis, dan komprehensif. SPMI menjadi panduan bagi setiap unit di lingkungan UIA dalam meningkatkan kualitas mutu UIA.

Penjaminan kualitas mutu penyelenggaraan pendidikan menjadi pilihan utama bagi perwujudan visi-misi UIA. Lembaga Pengembangan Jaminan Mutu (LPJM) merupakan suatu lembaga yang dibentuk ada dasar keinginan untuk meningkatkan kualitas mutu dari penyelenggaraan pendidikan tinggi di UIA. LPJM menjadi aktor utama dalam implementasi SPMI dengan fokus pada rangkaian kegiatan untuk mengimplementasikan dan mengembangkan standar mutu di UIA.

 

Visi dan Misi LPJM

Visi

Menjadi lembaga yang handal dalam penyelenggaraan penjaminan mutu pada sistem penjamianan mutu internal dan sistem tata kelola perguruan tinggi yang berkualitas melalui kerjasama dengan unit lain baik secara internal maupun eksternal dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma pendidikan tinggi.

Misi

  1. Meningkatkan Akreditasi Institusi dan Program Studi melalui peningkatan kualitas mutu di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat;
  2. Meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat melalui evaluasi dengan sistematis dan komprehensif secara berkelanjutan;
  3. Memastikan pelaksanaan Sistem Penjaminan Internal (SPMI) pada semua fakultas dan program studi melalui pemberdayaan Gugus Mutu di Fakultas;
  4. Mengembangkan Sistem Penjaminan Internal (SPMI) melalui kerjasama dengan lembaga terkait baik ditingkat nasional maupun internasional.

 

Tugas Pokok Dan Fungsi LPJM

Tugas Pokok:

Lembaga Pengembangan Jaminan Mutu UIA memiliki tugas pokok memelihara dan meningkatkan, serta mengembangkan jaminan mutu pendidikan secara berkala dan berkelanjutan, yang dijalankan oleh Universitas Islam As-Syafi’iyah secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tridharma. Dalam rangka pencapaian tujuan kebijakan mutu melalui kegiatan penjaminan mutu yang dijalankan secara internal oleh Universitas Islam As-Syafi’iyah, akan dilakukan monitoring dan evaluasi diri dan audit melalui kegiatan Audit Mutu lnternal.

 

Fungsi LPJM UIA dalam melaksanakan SPMI di lingkungan UIA adalah sebagai berikut:

  1. Merancang model SPMI yang diterapkan;
  2. Menyiapkan dan menyusun perangkat dokumen sistem mutu;
  3. Mengawal dan menjamin implementasi SPMI semua unit di UIA;
  4. Melaksanakan monitoring pada setiap unit dalam implementasi SPMI;
  5. Melaksanakan training, workshop, konsultasi, tutorial dan pendampingan bidang SPM di lingkup internal, dan eksternal;
  6. Melaksanakan pengukuran kepuasan pemangku kepentingan;
  7. Melaksanakan Audit Mutu Internal;
  8. Melaksanakan Rapat Evaluasi Manajemen Pengelolaan Perguruan Tinggi;
  9. Melaporkan secara periodik kegiatan yang terkait dengan implementasi SPMI;
  10. Menjalin hubungan kerjasama dengan institusi lain dalam bidang SPMI.

 

Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Kebijakan Mutu UIA

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi menjadi suatu keharusan dalam rangka penigkatan kualitas mutu dan perwujudan tujuan dari perguruan tinggi.

Mutu pendidikan tinggi terlihat pada tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar pendidikan tinggi yang terdiri atas standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi. Keadaan tersebut memposisikan kualitas mutu pendidkan tinggi pada 3 tingkatan, yakni: di bawah standar nasional pendidikan tinggi, sesuai standar nasional pendidikan tinggi, dan melampaui standar nasional pendidikan tinggi.

Universitas Islam As-syafi’iyah adalah salahsatu perguruan tinggi yang menerapkan sistem penjaminan mutu internal dengan menetapkan dokumen mutu berupa, kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, prosedur kerja, dan form mutu. Dalam rangka menjalankan sistem jaminan mutu melalui dokumen mutu tersebut secara keseluruhan, UIA membentuk suatu lembaga penjamin mutu yang disebut dengan Lembaga Pengembangan Jaminan Mutu.

Fokus dari tugas pokok dan fungsi LPJM adalah menetapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan, dan meningkatkan standar mutu pendidikan. Rangkaian kegiatan tersebut berada dalam siklus manajemen mutu yang berjalan secara Continual Improvement Quality Management System/Quality Assurance System. Siklus manajemen mutu tersebut tergambarkan sebagai berikut:

Struktur LPJM

 

Program LPJM UIA

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya berkaitan dengan penjaminan mutu, LPJM memiliki beberapa program kerja, yaitu:

  1. Pelatihan Dosen UIA
  • Pengembangan Kualitas Pembelajan Dosen
  • Penyusunan RPS
  1. Pendampingan Akreditasi Program Studi
  2. Evaluasi penyelenggaraan pendidikan secara berkelanjutan

Dokumentasi

  1. Kebijakan Mutu
  2. Manual Mutu
  3. Standar Mutu
  4. Prosedur Kerja
  5. Form