FAK. ILMU KESEHATAN

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) merupakan salah satu fakultas di lingkungan UIA dan merupakan mata rantai dari perintisan dan kepedulian K.H. Abdullah Syafi’ie terhadap pendidikan Islam dan pengembangan kualitas umat.

Era globalisasi persaingan pada berbagai bidang pekerjaan semakin ketat, tetapi kebutuhan tenaga perawat tetap memiliki ‘pasar’ tersendiri, terutama lulusan Strata Satu (S-1).

Sejalan dengan perkembangan zaman, perawat-perawat Indonesia mulai merambah ke negara-negara maju seperti, Eropa, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Kuwait, Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia dan masih banyak negara lainnya.

Pemerintah Indonesia memberi perlindungannya melalui Undang-Undang (UU) No. 39 Tahun 2004 tentang Perburuhan Tenaga Kerja, ini menandakan bahwa perawat-perawat Indonesia disukai dan diminati di luar negeri.

Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UIA bernaung dibawah Yayasan Perguruan Tinggi As-Syafi’iyah (YAPTA) yang didirikan oleh Alm. K.H. Abdullah Syafi’ie akan membawa saudara saudara pada kehidupan yang lebih baik, karena mempunyai visi dan misi ‘Berpadunya Ilmu dan Agama’.

Fakultas Ilmu Kesehatan UIA akan mendidik saudara memiliki kemampuan profesi keperawatan yang memadai dan berkualitas sehingga menjadi kunci keberhasilan di masa yang akan datang.

Bidang kerja lulusan sarjana keperawatan adalah di rumah sakit khususnya bagian UGD (Unit Gawat Darurat), maternitas, kebidanan, anak, OK, medikal bedah, jiwa, gerontik, Puskesmas, Klinik Perusahaan, Departemen Kesehatan, RSCM, RS Pusat Pertamina, RS Harapan Kita, RS Islam, RUSPAU Dr. Esnawan Antariksa, RSPAD Gatot Subroto, RS Persahabatan, RSUD Koja, RSUD Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), RS Haji, RS Budi Asih, RS Mitra Keluarga, RS Yadika, RS, Harum, Unit Ambulance Gawat Darurat 118, MER-C, serta Dosen.

Lulusan S-1 Keperawatan UIA siap untuk melanjutkan S-2 serta bekerja di dalam negeri dan luar negeri seperti Amerika, Jepang, Australia, Inggris, Belanda, China, Uni Emirat Arab.

Dengan adanya peningkatan teknologi dan kemajuan di bidang kesehatan, maka kebutuhan sarjana keperawatan menjadi semakin besar, dan akan dapat bersaing di pasar kerja, khususnya dalam AFTA 2026.

Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam As-Syafi’iyah dengan Akreditas C.

Visi-Misi FIKES

Visi-Misi Prodi Ners FIKES

PERSYARATAN PENDAFTARAN

– Tinggi badan laki-laki minimal 155 cm, wanita minimal 150 cm, – foto copy ijazah terakhir dan transkrip nilai legalisir 1 lembar bagi pindahan semester, – pas photo ukuran 3 x 4 cm (3 lembar).

PROSES SELEKSI

1. Tes Tulis. 2. Tes Kesehatan. 3. Tes Wawancara. 4. Psikotest.