Afifi Umar, Mahasiswa PBI-FKIP UIA Juara 2 MTQ Tingkat Nasional

 BERITA UTAMA, KEGIATAN UNIVERSITAS

Afifi Umar 3Rawamangun (UIA) ~ Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Prodi PBI-FKIP) Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) kembali menorehkan prestasi gemilang, Afifi Umar, mahasiswa semester III PBI-FKIP UIA berhasil Juara 2 Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional .

Perlu diketahui, sebelumnya PBI-FKIP UIA telah berhasil meraih Medali Emas ‘Best Performance’ di ASEAN Youth Cultural Exposure 2017 tingkat Internasional di Kuala Lumpur, Malaysia, Oktober 2017, dimana peserta adalah mahawasiswa-mahasiswi dari seluruh Perguruan Tinggi seluruh ASEAN, tentunya ini adalah prestasi di bidang Kebudayaan.

Sementara itu, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional yang diikuti mahasiswa dan mahasiswi itu diselenggarakan dalam “Semarak Festival Arab” yang ke-8 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama 3 hari (20-22 November 2017) dengan berbagai rangkaian acara, yakni Lomba Pidato memakai Bahasa Arab, Debat Arab, Puisi, MTQ, Kaligrafi, Hadrah, Taqdimul Qishoh, MHQ, dan Lomba menyanyi.

Afifi Umar yang lahir di Babelan Bekasi dari pasangan H.M. Rosun dan Hj. Ukah Sarbini itu sebelumnya tidak percaya dengan berhasil merebut juara 2 MTQ Nasional, karena menurutnya, para peserta banyak yang dari juara-juara di tingkat nasional lainnya. “Lebih dari 6 orang peserta yang pernah juara tingkat nasional, seperti Syamsuri Firdaus dari Universitas Indonesia yang meraih Juara 1 dan Juara 3 adalah Ahmad Hamid dari Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an, jadi saya berada ditengah para juara tingkat nasional lainnya,” ujar Afifi Umar.

Apa yang dikemukakan Afifi Umar memang benar adanya, yakni mereka adalah peserta yang telah mengikuti MTQ tingkat nasional di berbagai daerah. Sementara Afifi Umar sendiri prestasinya hanya di tingkat Kabupaten, pernah Juara 1 MTQ tingkat Kabupaten Bandung tahun 2007, Juara 1 MTQ Kabupaten Purwakarta tahun 2008, dan Juara 1 MTQ cabang Syarhil Qur’an di Lampung Selatan bulan Maret 2017.

Mahahasiswa FKIP UIA yang lahir tanggal 9 Desember 1992 itu menyebutkan, bahwa yang ikut serta dalam MTQ Tingkat Nasional itu mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, seperti dari Mercu Buana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, UHAMKA, UII, UIN Raden Intan Lampung, Universitas YARSI, dan beberapa Perguruan Tinggi lainnya.

“Saya berterima kasih kepada pimpinan Yayasan Perguruan Tinggi As-Syafi’iyah (YAPTA) dan civitas akademika UIA yang telah memberikan dukungan dan do’a kepada saya, sehingga saya dapat memberikan yang terbaik bagi Universitas Islam As-Syafi’iyah dengan berhasil meraih Juara 2 MTQ Tingkat Nasional,” papar Afifi Umar.

Lebih lanjut Afifi Umar mengatakan, bahwa disaat pengumuman para Juara MTQ Tingkat Nasional di hari Rabu, 22 November 2017, dirinya tidak tahu kalau meraih juara 2, dikarenakan pada waktu yang sama sedang mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah ‘Grammer’ Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Kampus UIA.

“Selesai saya UAS, kemudian saya hidupkan handphone, saya kaget setelah buka WhatsApp dari temen bahwa saya menjadi Juara 2 MTQ Nasional, dan penyerahan piala diwakilkan oleh Panitia Pelaksana. Temen-temen di Kampus yang satu kelas langsung mengucapkan selamat kepada saya, bahkan Kaprodi bapak Drs. Deddy Suezdi, MM juga mengucapkan selamat dan sukses,” ujarnya dengan penuh haru.

Afifi Umar 2

Afifi Umar 1

piala afifi umar ok

Author: 

No Responses

Leave a Reply