FKIP-UIA Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Raih Medali Emas AYCE 2017 Kategori “Best Performance”

 BERITA UTAMA, KEGIATAN UNIVERSITAS

AYCE 2017Malyasia (UIA) ~ Senang, bangga dan terharu kepada 4 mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah (FKIP-UIA) dengan meraih Medali Emas pada “Asean Youth Cultural Exposure 2017”.

Untuk diketahui, bahwa Program AYCE 2017 dan lanjutan Academic Visit di Regional English Language Centre Singapura (Pusat Bahasa Asia Tenggara), yang memiliki perpustakaan linguistik terbaik no. 4 di Dunia.

Hal itu dikemukakan Drs. Ari Sumitro, MM., MM.Pd selaku Dekan FKIP-UIA saat diwawancara di ruang kerjanya usai kembali dari Malaysia setelah menemui mahasiswi FKIP-UIA. Kompetisi AYCE 2017 yang di ikuti berbagai Perguruan Tinggi di seluruh ASEAN itu dilaksanakan 10-15 Oktober 2017, Hotel ADYA Kuala Lumpur, Malaysia.

“Saya senang, saya bangga dan juga terharu atas keberhasilan mahasiswa kami dari sekian kompetisi yang di ikuti berbagai Perguruan Tinggi di seluruh ASEAN, sementara dari Indonesia seperti UIA, UI, UNDIP, UII, USU dan lainnya, dimana ini yang pertama kita ikut di tingkat ASEAN, UIA langsung meraih Medali Emas,” papar Ari Sumitro.

Dekan FKIP-UIA yang lahir 3 November 1958 itu lebih lanjut mengatakan, kompetisi yang di ikuti UIA itu sangat bergengsi di ASEAN, karena mampu mengungguli lawan-lawannya yang kebanyakan dari Perguruan Tinggi Negeri. “Kita mendapat medali emas pada kategori ‘Best Performance’, ini suatu hal luar biasa khususnya bagi Universitas Islam As-Syafi’iyah,” ujar Ari Sumitro.

Dikatakannya, dari ke-empat mahasiswi FKIP-UIA yang mengikuti AYCE 2017 itu langsung didampingi ibu Triyanti R. Abdulrahman, S.Pd., MA. “Setelah melaporkan ke KBRI di Malaysia bersama-sama panitia penyelenggara AYCE, mereka Insya Allah kembali ke Kampus UIA dan akan disambut di UIA nanti,” tambah Ari Sumitro.

Adapun ke-4 mahasiswi yang ikuti kompetisi itu adalah, Mia Amalia, Ainun Ratri Hapsari, Ulfa Mujahidah dan Yulia Eka Wulandari., dimana mereka saat ini berada di Semester VII Prodi PBI. (Foto bawah: Mia Amalia, Ainun Ratri Hapsari, – tengah: Triyanti R. Abdulrahman, S.Pd., MA. Ulfa Mujahidah, Yulia Eka Wulandari saat berkunjung ke Regional English Language Center – Pusat Bahasa Asia Tenggara).

Prodi BI FKIP-UIA 4

Sementara Drs. Deddy Suezdi, MM mengatakan, bahwa Asean Youth Cultural Tour merupakan sebuah program pertukaran kebudayaan seluruh ASEAN antar Perguruan Tinggi. “Dengan apa yang diraih mahasiswi kami dalam kompetisi AYCE 2017, tidak lepas do’a dan dukungan dari segenap civitas akademika UIA,” ujar Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris itu.

Dalam kompetisi yang dilaksanakan di negara Malaysia itu, menurut Deddy Suezdi, semua peserta juga harus mampu menguasai bahasa internasional, yakni Bahasa Inggris. “Jadi ke-empat mahasiswi yang mengikuti AYCE 2017 itu harus mampu menguasai bahasa Inggris yang baik dan lancar,” tambahnya.

Prodi BI FKIP-UIA 1

Drs. Ari Sumitro, MM., MM.Pd menyambut kemenangan para mahasiswinya di Bandara Soeta.

Prodi BI FKIP-UIA 2

Prodi BI FKIP-UIA 5

Bersama para juara-juara peserta perguruan tinggi lainnya, (UIA memakai kostum Papua – jongkok depan).

Author: 

No Responses

Leave a Reply