PAI Adakan Seminar Nasional Pendidikan Karakter

 BERITA UTAMA, KEGIATAN FAKULTAS / MAHASISWA

Seminar Nasional FAI 1Jatiwaringin (UIA) ~ Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas Islam As-Syafi’iyah (FAI-UIA) mengadakan Seminar Nasional Pendidikan di lantai 8 Auditorium gedung Alawiyah Kampus UIA, Sabtu 22 April 2017.

Dihadiri seluruh pimpinan, dosen dan mahasiswa Fakultas Agama Islam, dimana sebagai pembicara dalam Seminar Nasional Pendidikan yang mengambil tema “Pendidikan Karakter – Menjawab Tantangan Abad 21”, yakni Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah) dan Dr. H. A. Ilyas Ismail, MA (Dekan FAI-UIA), sedang sebagai moderator Drs. Sutiono, A.Z, M.Pd (Ketua Prodi PAI).

Menurut Prof. Abuddin Nata, bahwa pendidikan karakter secara harfiah dapat diartikan merubah atau membentuk watak, perilaku, perangai, tabi’at, dan kepribadian seseorang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Sedangkan secara esensial pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju ke arah peradaban manusia yang lebih baik.

“Pendidikan karakter dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan,” papar H. Abuddin Nata. (untuk lebih lengkapnya apa yang disampaikan silahkan lihat dan unduh file ini Materi Prof Dr H Abuddin Nata.

Sedangkan menurut Dr. Ilyas Ismail, bahwa pendidikan karakter harus dicerna sebagai manusia yang hakiki, kemana dan bagaimana arah dari kehidupan yang dicapai. “Setiap manusia punya persoalan yang tidak pernah sama, pendidikan karakter perlu diberikan kepada manusia untuk lebih baik, sehingga masa depan bisa digapai sesuai dengan cita-citanya,” ujarnya.

Seminar Nasional FAI 2

Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA

Seminar Nasional FAI 3

Dr. H. A. Ilyas Ismail, MA

Seminar Nasional FAI 4

Drs. Sutiono AZ, M.Pd

Seminar Nasional FAI 7

Mawardi, Ketua Panpel Seminar Nasional

Seminar Nasional FAI 5

Suasana para peserta Seminar Nasional

Seminar Nasional FAI 6

Tim Panitia Pelaksana Seminar Nasional

Author: 

No Responses

Leave a Reply